in ,

5 Cara Mengelola Website yang Baik

cara mengelola website
cara mengelola website

Tiga tujuan utama mengelola website adalah meningkatkan traffic, membuat website selalu bekerja optimal, dan meningkatkan kualitas konten.
Cara mengelola website yang baik untuk pemula tidak sekompleks yang dibayangkan karena Kemampuan mengelola website juga akan meningkat.
Sebagai seorang pemula yang ada di level basic, tips-tips, dan nasihat dasar lebih bisa diterima ketimbang panduan untuk mempraktikkan teknik optimasi yang kompleks. Setelah melewati fase dasar, Anda bisa mencoba mempraktikkan teknik-teknik SEO yang lebih kompleks lagi.

Tips Cara Mengelola Website

cara mengelola website
cara mengelola website

Terlalu banyak teori sangat tidak bagus untuk kegiatan yang akan Anda lakukan, terutama mengelola sebuah website. Jangan sampai Anda mengkonsumsi terlalu banyak tips dan panduan dan lupa mempraktikkannya. 

Mengelola website dengan baik dan benar sebenarnya bisa dilakukan secara sederhana. Berikut adalah 5 tips cara mengelola website yang sederhana tetapi bisa menjadi kunci sukses Anda:

1. Mempublikasikan Konten yang Relevan

Seorang pengunjung akan merasa heran dan bingung ketika membaca artikel mengenai cara-cara mengendalikan rasa marah di sebuah website kuliner. Pengunjung tersebut mungkin tertawa dan santai, mungkin juga menganggap ketidaksesuaian konten tersebut sebagai sesuatu yang serius.

Dampak dari yang serius tersebut harus dihindari. Citra dan reputasi website menjadi terganggu. Putuskan sejak awal jenis website apa yang ingin dibuat akan membantu Anda menentukan konten apa yang akan dipublikasikan. Membuat konten acak bukan keputusan yang baik dan profitable.

Setelah menentukan topik utama di website, selanjutnya konsistensi yang diperlukan. Membuat konten sejenis memang ada bosannya. Untuk membuat konten yang dirilis lebih bervariasi, Anda bisa mengaitkan topik lain yang bersinggungan dengan topik website dan membuat konten mix.

2. Menggunakan Konten Audio Visual yang Menarik

Sebuah website bukan buku harian dengan tampilan hitam putih berisi teks semata. Agar konten yang Anda buat lebih hidup dan tidak membosankan, sisipan gambar dan konten audio visual lain sangat diperlukan. 

Gambar bisa berfungsi sebagai ilustrasi, distraksi, dan bagian dari konten itu sendiri. Zaman sekarang banyak konten menarik menyisipkan infografis yang lebih mudah untuk dipahami dan bisa mencuri perhatian. 

Konten semacam ini memang sedang populer dan Anda tidak boleh ketinggalan. Sebuah konten berisi teks saja sebaiknya tidak sering diproduksi apalagi jika teksnya sangat panjang.

3. Publikasi Konten yang Berkala

publikasi konten berkala
publikasi secara berkala

Tips cara mengelola website yang baik selanjutnya adalah mempublikasikan konten secara berkala. Konten yang dirilis secara rutin dengan pola yang terjadwal rapi memiliki kemungkinan lebih besar dalam posisi hasil pencarian di mesin pencari Google. 

Meskipun berkala, kualitas konten harus selalu dijaga. Terkadang untuk memenuhi publikasi rutin, para pembuat konten membuat konten dengan kualitas yang seadanya. Konsistensi kualitas konten juga akan dipertanyakan pengunjung. 

Publikasi berkala dianggap membuat Anda bisa menyertakan kata kunci dan link yang lebih banyak dalam waktu tertentu. Jika Anda memiliki segudang ide dan memiliki persediaan konten yang banyak, slow down.

Anda bisa mempublikasikannya secara berkala dan tidak harus mengeluarkannya sekali waktu. Buat pengunjung menunggu dan penasaran. Manfaat lain adalah persediaan konten tetap terjaga dan tidak cepat habis.

4. Praktikkan SEO dengan Baik

SEO atau Search Engine Optimization adalah metode untuk membuat website mudah ditemukan di mesin pencari Google. SEO menjadi metode yang harus Anda praktikkan dengan baik. Lakukan praktik SEO ini secara bertahap dari sederhana dan mudah sampai yang kompleks dan sulit.

5. Selalu Lakukan Evaluasi

Lakukan otokritik dan evaluasi berkala untuk menemukan kekurangan dan kelebihan dari konten yang telah dibuat. 

Evaluasi perlu dilakukan untuk mendapatkan data penting mengenai bagaimana konten yang telah dibuat dan dipublikasikan memberikan pengaruh pada kinerja dan prestasi website secara keseluruhan. Salah satu alat evaluasi yang banyak digunakan adalah Google Analytics. 

Melalui alat tersebut, Anda bisa mengidentifikasi beragam hal yang ada di website Anda mulai dari data traffic hingga hasil kampanye SEO yang telah Anda lakukan. Data yang Anda dapatkan di sana memiliki nilai tinggi yang bermanfaat.

6. Jangan Abaikan Aspek Teknis

Sebuah website tidak hanya berisi konten dan publikasi yang harus dibuat, tetapi juga berisi aspek teknis yang harus dikelola dengan baik. Lakukan pembaharuan program yang digunakan, selalu lakukan bersih-bersih secara berkala, dan pantau terus kondisi kesehatan dan keamanan website.

Menjadi percuma jika konten kualitasnya selalu terjaga, tetapi para pengunjung kesulitan mengakses konten karena masalah teknis. Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah kecepatan dan kemudahan akses website dari perangkat mobile dimana diperlukan trik-trik tertentu.

Tampak terlalu basic dan umum? Jawabannya memang benar. Lima tips cara mengelola website tersebut merupakan tips dasar yang akan selalu diandalkan dalam situasi apapun. Bahkan, ketika sudah mengetahui teknik SEO tingkat tinggi, ingat tips ini agar performa dan kualitas tetap terjaga. 

What do you think?

Written by Reza Mahendra

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0