in ,

Istilah-Istilah Dalam Dunia Hacking yang Perlu Diketahui

istilah hacker
istilah hacker

Hacking merupakan salah satu dampak negatif yang timbul akibat perkembangan teknologi informasi. Aktivitas ini semakin hari kian masiv karena biasanya dianggap sebagai simbol kebebasan internet.

Berdasarkan pengalaman serta riset yang telah kami lakukan, ternyata ada banyak istilah yang biasa digunakan hacker dalam menyebut bahasa hacking sehari-hari. Apa saja itu?

Baca juga: POLL: Blogspot Vs WordPress

Berikut merupakan daftar istilah dalam dunia hacking yang perlu diketahui :

 

1. Bug

Bug adalah istilah untuk menyebut kesalahan pada pemrograman yang menyebabkan sistem dapat dieksploitasi atau error dengan kondisi tertentu. Dalam web hacking, terdapat beberapa bug seperti RFI, LFI, SQLi, RCE, XSS, dll.

 

2. Patch

Jika Bug adalah penyakit, maka obat dari penyakit tersebut dalah Patch. Kebalikan terhadap bug dengan mengupdate sistem yang memiliki vurnerable system.

 

3. Vurnerable

Sistem yang memiliki bug sehingga rentan terhadap serangan hacker dari luar. Ya, inilah biang penyebab yang membuat hacker mendapatkan banyak uang, yakni dengan mencari Vurnerable.

 

4. RFI

Penyisipan sebuah file dari luar ke dalam sebuah webserver dengan tujuan script didalam akan dieksekusi pada saat file yang disisipi di-load.

 

5. LFI

Suatu bug dimana kita bisa menginclude kan file (file yang berada didalam server yg bersangkutan) ke page yang vulnerable ( Vulnerable LFI maksudnya ).

 

6. SQL Injection

Salah satu jenis penyerangan yang mengijinkan user tidak sah (penyerang) untuk mengakses database server.

 

7. DDoS

Membuat suatu sistem crash karena overload web hosting sehingga tidak bisa diakses oleh pengguna asli. Website yang sering menerima serangan DDoS adalah website pemerintahan. Kedati demikian, website biasa juga tidak menutup kemungkinan

 

8. Shell

Inti dari sistem operasi. Shell dapat digunakan untuk mengendalikan kerja sistem operasinya.

 

9. Deface

Merubah tampilan halaman suatu website secara paksa dan illegal. Pelaku deface biasanya mengganti tampilan website dengan gambar annonymous atau hal-hal menyeramkan lainnya untuk menakuti web developer.

 

10. Debug

Kegiatan mencari bug pada aplikasi dan memperbaiki bug yang ditemukan.

 

11. XSS

XSS adalah suatu cara memasukan code/script HTML kedalam suatu web site dan dijalankan melalui browser di client.

 

12. Phising

Phising adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, password, PIN, nomor rekening bank, nomor kartu kredit Anda secara ilegal.

 

13. Keylogger

Keylogger adalah mesin atau software yang dipasang atau diinstal di komputer agar mencatat semua aktivitas yang terjadi pada keyboard (bekerja diam diam alias tidak terketahui oleh kita secara kasat mata)

istilah hacker
istilah hacker

14. Fake Login

Bisa juga disebut sebagai halaman tiruan/palsu yang dibuat untuk mengelabui user, bertujuan untuk mencuri informasi penting dari user (eg. username, password, email). Seperti pada kasus pencurian email n password Friendster, Facebook, dll.

 

15. Fake Process

Proses tiruan yang dibuat untuk menyembunyikan nama proses asli, bertujuan untuk mengelabui admin sistem.Seperti mem-fake “./backdoor” menjadi “usr/sbin/httpd”, sehingga ketika di “ps -ax”, proses “./backdoor” berubah menjadi “usr/sbin/httpd”.

 

16. Malicious Code/Script

Kode yang dibuat untuk tujuan jahat atau biasa disebut kode jahat.

 

17. Virus

Kode jahat yang sistim kerjanya seperti virus pada manusia, menggandakan diri dan seperti parasit menopang pada file yang diinfeksinya. File yang terinfeksi menjadi rusak atau ukurannya bertambah. Sekarang kode jenis ini akan sangat mudah terdeteksi pada aplikasi yang memeriksa crc32 dari dirinya.

Baca juga: E-Commerce Vs Marketplace: Platform Mana yang Kalian Pakai?

 

18. Worm

Kode jahat yang sistim kerjanya seperti cacing, menggandakan diri dan menyebar, tidak menopang pada file. Kebanyakan di Indonesia adalah kode jenis ini.

 

19. Trojan

Kode jahat yang sistim kerjanya seperti kuda trojan pada zaman kerajaan Romawi, masuk ke dalam sistem untuk mengintip dan mencuri informasi penting yg ada didalamnya kemudian mengirimnya kepada pemilik trojan.

 

20. Backdoor

Pintu belakang untuk masuk ke sistem yang telah brhasil di exploitasi oleh attacker. Bertujuan untuk jalan masuk lagi ke sistem korban sewaktu-waktu.

 

Sebetulnya istilah-istilah dalam dunia hacking itu banyak, tapi hanya 20 point saja yang saya tulis disini, dan untuk istilah hacking lainnya, sobat bisa cari digoogle. Sekian postingan saya kali ini tentang Istilah-Istilah dalam Dunia Hacking yang Perlu Kamu Ketahui, kurang lebihnya mohon maaf.

Semoga bermanfaat.

What do you think?

Written by admin

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0